Langsung ke konten utama

Peran Tekhnologi dalam Pemasaran Produk Budidaya Unggas


Halloo gengss, apa kabar nihh? Kalau bicara tentang unggas nih ya pasti udah ga asing lagi kan kita temui di kehidupan sehari-hari, nahh kalau  Budidaya unggas udah tau belum nih?kalau belumm, yuk kita bahas bareng. 

Budidaya unggas petelur adalah suatu usaha membudidayakan, mengembangbiakkan jenis hewan unggas untuk diambil manfaatnya, seperti telurnya, dagingnya atau bagian tubuh lainnyaa. Produk hasil budidaya unggas yang mudah diterima oleh masyarakat Indonesia ini membuat komoditi unggas memiliki peluang besar loh dalam usaha di bidang peternakan dan jugaa permintaan pasar akan semakin meningkat. 

Semakin hari, penduduk Indonesia semakin bertambah jumlahnya, sehingga kebutuhan protein masyarakat juga semakin meningkat loh. Selain itu, saat ini pemerintah sedang galak sekali mengkampanyekan masyarakat agar mengonsumsi daging ternak untuk menunjang makanan 4 sehat 5 sempurna sebagai upaya pencegahan stunting sejak dini. 



Di era pasca pandemi ini masih membuat harga daging sapi melonjak tinggi, sehingga masyarakat kelas menengah kebawah banyak memilih daging unggas, khususnya ayam sebagai pemenuh gizi protein harian. 

Faktor tersebut terus berkembang, sehingga membuka peluang usaha bagi masyarakat. Dengan melihat peluang tersebut banyak yang mendirikan peternakan unggas baik skala kecil hingga ke skala besar. Bahkan saat ini masyarakat pedesaan juga sudah banyak yang membudidayakan unggas di pekarangan rumah masing masing lohh guys. 

Semakin majunya perkembangan zaman saat ini membuat industri peternakan di Indonesia juga ikut berkembang, hal ini membuat para usaha peternakan semakin memiliki tantangan yang besar dalam pemasaran produk. Para peternakan harus saling bersaing untuk mengembangkan kualitas hasil ternaknya, dimulai dari pemilihan bibit, proses pemeliharaan, pengaturan pakan ternak dan proses pengembangan kualitas lainnya. 

Selain itu, juga diperlukan adanya inovasi terbaru di era saat ini untuk memasarkan produk hasil ternak, nahh temen temen dah pernah denger belum nih kalau sekarang ada aplikasi penjualan ternak online?? Jangan sampe kita sebagai gen Z ketinggalan informasi yaa. Aplikasi tersebut merupakan inovasi yang dapat memudahkan pemasaran dan informasi mengenai produk hasil ternak di Indonesia. Tapi nihh gengss, banyak banget loh masyarakat Indonesia yang belum paham tentang aplikasi ini, sehingga aplikasi ini tidak maksimal penggunaan nya karena banyak masyarakat yang belum mengakses nya, terutama peternak dan masyarakat desa. 

Peran sumber daya manusia sangat dibutuhkan loh disini untuk mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai digitalisasi industri peternakan, terutama peran kita nih sebagai remaja untuk menyebarkan hal ini ke Masyarakat sekitar agar mereka bisa memanfaatkan aplikasi ini. Salah satu fitur keunggulan yang ditawarkan yaitu komunitas peternak yang terdiri dari ratusan peternah di seluruh Indonesia dan tak ada batasan anggota, sehingga bisa menjadi tempat berbagi informasi jugaa loh. 

Tentunyaa juga diperlukan adanya peran pemerintah untuk mendorong keberhasilan program ini, demi kemajuan digitalisasi industri di bidang peternakan, karena hal itu bisa membantu menjaga kestabilan perekonomian di Indonesia loh. Yuk kita sama sama menjadi warga negara yang cerdas dan mampu memanfaatkan teknologi yang ada!! 




Komentar

Posting Komentar